== Selamat Datang Di Website Pemerintah Desa Brangol == == Pelayanan Surat Ke Kantor Desa Harap Membawa Foto Copy KK dan KTP == == Ingat 14 Februari 2024, Gunakan Hak Pilih Kita, Satu Suara Menentukan Masa Depan Bangsa ==

Artikel

Sejarah Desa

26 Agustus 2016 15:38:09  Administrator  783 Kali Dibaca 

brangol.desa.id Sejarah Desa Menurut sumber cerita dari para sesepuh Desa Brangol  masa kini, dan dari berbagai sumber yang dapat ditelusuri dan digali tentang asal – usulnya,  bahwa terjadinya desa Brangol memiliki banyak versi cerita yang cukup bervariasi. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya tempat yang dikeramatkan ataupun kejadian –kejadian jaman dahulu oleh masyarakat yang kemudian dijadikan sebuah nama.

Konon ceritanya, nama Brangol tercermin dari kejadian pada waktu prajurit Mataram yang akan menyeberang sungai, pada waktu itu di sungai tersebut ada tonggak kayu yang nongol atau menonjol untuk menyebrang, sehingga oleh prajurit Mataram kejadian tersebut di gabung antara nyebrang dan kayu nongol menjadi kata “Brang”-“ngol” yang selanjutnya di sabdakan “mbesok yen enek rejaning jaman diarani Deso Brangol” (lg.Java) yang di saksikan para prajurit mataram dan warga sekitar. Akhirnya sabda tersebut menjadi kenyataan dan daerah tersebut menjadi sebuah desa ini dinamai pula desa “Brangol”. Awalnya desa brangol hanya meliputi wilayah Tawangrejo,Sumberjati, dan Ndawung.

Warga desa Brangol yang terkenal sejak jaman dahulu sebagai masyarakat yang penyabar dan suka menolong sesama serta semangat gotong royong yang sangat tinggi, dapat ditelusuri dan dilihat dari kejadian yang terpuji yaitu pada suatu ketika ada orang yang meninggal di tengah sawah tepatnya di dusun Puntuk Desa Sambiroto Kecamatan Padas (bukan penduduk desa Brangol) yang tidak terurus/terlantar, oleh masyarakat Brangol Mayat tersebut diramut (di kubur dengan baik). Sebagai penghargaan atas kebaikan dan ketulusan masyarakat Brangol, dusun puntuk yang dulunya wilayah Desa Sambiroto diberikan kepada Desa Brangol, yang pada waktu itu wilayah puntuk mempunyai luas 11 kulen wilayah sawah dan diberi juga satu pamong (Perangkat Desa) beserta bengkoknya ( 13 are ). Sedangkan wilayah pemukiman langsung digabungkan dengan Desa Brangol juga.

Peninggalan sejarah Desa Brangol yang sampai saat ini masih diuri – uri adalah Sendang yang terletak di Dusun Puntuk dan Punden Dusun Brangol.Sampai sekarang Masyarakat masih menganggap keramat sehingga setiap tahun sekali sebelum Muharam (hari Senin Kliwon )mengadakan upacara adat ‘Nyadran’ untuk bersih Desa agar masyarakat tetap diberi keselamatan dan hasil panen melimpah.Upacara adat tersebut dengan cara selamatan dan tayuban. Seiring perkembangan zaman Tayuban di ganti dengan Tahlil dan Pengajian.

Adapun Desa Brangol  dibagi menjadi 2  dusun, yaitu :

  1. Dusun Puntuk
  2. Dusun Brangol

Tidak banyak yang tahu tentang berapa lurah yang sudah pernah memimpin desa Brangol Namun dari beberapa sumber, paling tidak Desa Brangol sudah pernah mengalami 12 kepemimpinan (2 Lurah dan 10 Kepala Desa).

 

Para pejabat Kepala Desa Brangol semenjak berdirinya Desa Brangol adalah sebagai berikut :

NO

NAMA

MASA JABATAN

KETERANGAN

1

KRIYO SONO

1880 - 1898

Kades Pertama

2

GABLOK

1898 - 1900

Kades Kedua

3

SONOREDJO

1900 - 1924

Kades Ketiga

4

GUNOREDJO

1924 - 1943

Kades keempat

5

DJOYO SUWARNO

1943 - 1963

Kades Kelima

6

SUDJI

1963 - 1965

Kades Keenam

7

SAPARI

1966 - 1968

Kades Ketujuh

8

SOEJONO

1968 - 1976

Kades Kedelapan

9

SOEWANDI

1976 - 1982

Kades Kesembilan

10

DJIRIN MULYO ADMOJO

1982 - 2002

Kades Kesepuluh

11

YONO

2002 - 2014

Kades Kesebelas

12

HARUN ALRASYID, SE

2015 - Sekarang

Kades Keduabelas

 

Video Pendek Cerita Asal Usul Desa Brangol

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Agenda

 Statistik

 Arsip Artikel

 Sinergi Program

KPU NGAWI LAPOR
PPID

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Tawang No. 01 Dusun Puntuk
Desa : Brangol
Kecamatan : Karangjati
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63284
Telepon :
Email : brangol@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:268
    Kemarin:1.210
    Total Pengunjung:644.209
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.112.198
    Browser:Tidak ditemukan

 Facebook Desa