== Selamat Datang Di Website Pemerintah Desa Brangol == == Pelayanan Surat Ke Kantor Desa Harap Membawa Foto Copy KK dan KTP == == Ingat 14 Februari 2024, Gunakan Hak Pilih Kita, Satu Suara Menentukan Masa Depan Bangsa ==

Artikel

Bubur California, Fungisida Organik dari Kapur dan Belerang

29 Agustus 2022 12:51:11    14.956 Kali Dibaca  Berita Desa

Brangol.desa.id -Bubur California merupakan fungisida organik yang cukup ampuh melawan penyakit jamur. Cara membuat bubur california sangat mudah dan bahannya pun mudah diperoleh. Bubur california dapat digunakan sebagai fungisida alami untuk mengendalikan dan mencegah berbagai jenis penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur patogen. Bubur California juga cukup efektif untuk mengatasi gangguan hama dari golongan akarina atau tungau.

Penggunaan belerang dan kapur sebagai bahan pembuatan fungisida organik memiliki banyak kelebihan, beberapa diantaranya yakni dapat menekan biaya pestisida, lebih ramah lingkungan dan tidak tidak mengandung toksik bagi kesehatan manusia. Sederhananya, petani dapat membuat sendiri bubur california dan mengimplementasikannya ke lapangan memulai kemandirian tanpa ketergantungan pestisida sintetik dalam proses budidaya.  

Cara Membuat Pestisida Organik Bubur California

Bahan yang digunakan untuk membuat bubur california, antara lain:

1 kg belerang/sulfur halus, beli di toko pertanian atau apotek terdekat

2 kg kapur gamping/kapur tohor (CaO), dibeli di toko bangunan

10 liter Air bersih.

Sedangkan alat yang digunakan untuk membuat bubur california yaitu:

Baskom

Panci/kaleng 

Kompor 

Pengaduk dari kayu

Jerigen

Untuk proses pembuatan bubur california sebagai pestisida organik ikuti cara berikut:

Campur 1 kg kapur dengan air sebanyak 5 liter lalu diaduk dan didiamkan sampai dingin, tujuannya untuk mengurangi sifat reaktif kapur yang dapat membakar tanaman 

Sisa 5 liter air lalu dimasukkan ke dalam panci dan dipanaskan cukup sampai hangat kuku

Setelah air sudah hangat, masukkan belerang halus dan larutan kapur dingin yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu masukkan kedua bahan tersebut ke dalam panci yang sudah berisi air untuk dipanaskan.

Selama pemanasan, campuran belerang dan kapur harus diaduk menggunakan pengaduk kayu, usahakan jangan sampai ada endapan yang diam di bagian dasar panci.

Semua bahan tersebut dipanaskan sambil diaduk hingga mendidih dan warnanya berubah menjadi merah teh.

Setelah warna berubah kemerahan, kemudian bahan diendapkan dan didinginkan selama 24 jam

Setelah bubur california dingin, kemudian pisahkan antara airan dan endapan. Hati hati ketika mengambil cairan tersebut, jangan sampai endapan terangkat dan tercampur. Ambil cairan berwarna kemerahan dan masukkan ke jerigen untuk disimpan dan dijadikan pestisida organik semprot. Sedangkan endapan bubur california dapat diaplikasikan dengan cara dioles ke tanaman kayu untuk mencegah jamur. 

 

Aplikasi Bubur California Sebagai Pestisida Organik

Bubur California yang sudah dipisahkan dalam bentuk cairan dapat diaplikasikan sebagai fungisida semprot dengan dosis 5 ml / liter air untuk melawan penyakit jamur dan hama tungau.

Sedangkan endapan bubur california dapat diaplikasikan dengan cara melapisi batang untuk mencegah penyakit jamur dan lumut.

Teknik pengendalian secara organik seperti ini kami anggap cukup mudah dan murah, bubur california diharapkan dapat menjadi alternatif pengendali OPT dan menekan ketergantungan petani terhadap produk pestisida atau fungisida sintetik. Dengan hadirnya artikel ini, semoga nantinya banyak petani yang mengetahui informasi mengenai banyaknya alternatif untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman, contohnya dari bahan belerang dan sulfur ini yang ketersediannya melimpah di alam.

Sumber dari: 

Cara Membuat Bubur California, situs BPTP Kaltim (http://kaltim.litbang.pertanian.go.id) berjudul Bubur California: Cara Mudah Atasi Gangguan Jamur Pada Tanaman Jeruk.  

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Agenda

 Statistik

 Arsip Artikel

 Sinergi Program

KPU NGAWI LAPOR
PPID

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Tawang No. 01 Dusun Puntuk
Desa : Brangol
Kecamatan : Karangjati
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63284
Telepon :
Email : brangol@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:168
    Kemarin:1.210
    Total Pengunjung:644.109
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.112.198
    Browser:Tidak ditemukan

 Facebook Desa