== Selamat Datang Di Website Pemerintah Desa Brangol == == Pelayanan Surat Ke Kantor Desa Harap Membawa Foto Copy KK dan KTP == == Ingat 14 Februari 2024, Gunakan Hak Pilih Kita, Satu Suara Menentukan Masa Depan Bangsa ==

Artikel

Cegah Stunting, Tingkatkan Pengetahuan Kader dan Masyarakat

07 Juni 2023 12:37:45  Administrator  250 Kali Dibaca  Berita Desa

Brangol.desa.id - Pelatihan Pembuatan Makanan Tambahan untuk mencegah stunting dan pengurangan gizi buruk bagi balita. Pelatihan yang dilaksanakan hari ini (07/06/2023) yang berlokasi di kediaman ibu Suyati Dusun Puntuk yang di dampingi oleh bidan desa serta di bantu kader Posyandu. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sebagaimana pentingnya memberikan asupan gizi seimbang pada  masa kehamilan hingga balita untuk mengurangi resiko stunting pada anak dan mengurangi gizi buruk.

Nitera Ulfa bidan desa dalam sambutannya menjelaskan  akibat pertumbuhan otak yang terganggu, anak-anak yang mengalami stunting akan mengalami kesulitan belajar karena kemampuan kognitifnya terbatas. Dampak pertumbuhan otak yang terhambat ini akan berlanjut ke usia produktif. Di masa dewasanya, anak-anak stunting memiliki produktivitas yang lebih rendah dibandingkan rekan-rekan sebayanya. Dampak lain dari stunting yang tak kalah merugikan adalah menurunkan sistim imunitas tubuh. Anak-anak stunting lebih rentan terjangkit berbagai infeksi. Sedemikian rentannya imunitas anak stunting sehingga ia menghadapi risiko kematian akibat terjangkit infeksi yang terjadi berulang kali.

Berita Terkait : Hari Pertama Kelas Ibu Hamil Salah Satu Sarana Pemantauan Kesehatan Ibu dan Calon Bayi

Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang balita terkena stunting, anak mengalami kekurangan gizi kronis, Orang tua tidak sadar kebutuhan gizi sejak dalam kandungan, Orang tua tidak menyediakan asupan gizi pada anak, Kesehatan ibu dan sanitasi tidak bersih terang Nitera.

Selain materi mengenai stunting juga diajarkan mengenai cara pengisian Buku Administrasi Posyandu kepada para Kader, Kegiatan ini mengunakan sumber dana dari Dana Desa.

 

Berita Sebelumnya : Pembuatan Pestisida Sederhana di Kelompok Tani Sri Makmur

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Agenda

 Statistik

 Arsip Artikel

 Sinergi Program

KPU NGAWI LAPOR
PPID

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Tawang No. 01 Dusun Puntuk
Desa : Brangol
Kecamatan : Karangjati
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63284
Telepon :
Email : brangol@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:165
    Kemarin:1.210
    Total Pengunjung:644.106
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.112.198
    Browser:Tidak ditemukan

 Facebook Desa