== Selamat Datang Di Website Pemerintah Desa Brangol == == Pelayanan Surat Ke Kantor Desa Harap Membawa Foto Copy KK dan KTP == == Bayarlah PBB Tepat Pada Waktunya ==

Artikel

Sinopsis Karnaval Desa Brangol Tahun 2024

19 Agustus 2024 20:40:10  Administrator  632 Kali Dibaca  Berita Ngawi

Brangol.desa.id -  Dalam “PESONA KEARIFAN LOKAL BUDAYA NGAWI MENJAGA TRADISI MERAWAT NEGERI, Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, mengambil tema semangat patriotik pahlawan.“PASUKAN BERANI TANI” Menceritakan Kegelisahan seorang Pemimpin Desa yang dilambangkan ki lurah Semar Bodronoyo, melihat generasi muda penerus bangsa yang enggan terjun di bidang pertanian, dan jika keadaan ini terus dibiarkan akan berdampak serius terhadap ketahanan pangan Nasional.

Pasukan Berani Tani ini memaparkan konsep, mengajak generasi milineal, mengajak generasi muda, agar mau menjadi petani, jangan malu menjadi seorang petani. Sektor pertanian Indonesia ke depannya akan bergantung pada teknologi dan generasi penerus khususnya anak muda. Petani memiliki peran penting dalam berjalannya Ekonomi Nasional, ayo para generasi muda desa, bersemangatlah dengan guyub rukun dan penuh kekompakan, kita wujudkan sebuah Desa yang subur makmur, NEGERI GEMAH RIPAH LOH JINAWI WUJUD BUDAYA NGAWI, NEGERI PANGAN BERKELANJUTAN.

IMG_20240819_203617 

Lambang padi dan kapas merupakan simbol pangan dan sandang yang menyiratkan makna bahwa syarat utama negara yang adil ialah yang bisa mencapai kemakmuran untuk rakyatnya secara merata. 

Dewi Sri adalah dewi padi merupakan tokoh legenda tanaman padi dan simbul kemakmuran. Sepasang Garuda paksi dijadikan simbol semangat pantang menyerah, perlindungan, kecepatan, kekuatan dan kekuasaan di udara. Menggambarkan burung Garuda Lambang Negara Republik Indonesia. Tokoh adat dan Barisan budaya adat Kelembagaan Desa adalah Tokoh adat atau sesepuh penjaga tradisi leluhur untuk memanggil Dewi Padi agar tanamannya tumbuh baik dan menghasilkan panen yang banyak dan menjaga tradisi leluhur lainnya. 

IMG_20240819_204324 

Dengan membawa putra putri Desa sebagai pewaris tradisi adat untuk melestarikan budaya adat Desa. Punakawan berasal dari kata pana yang artinya paham, dan kawan yang artinya teman. Empat tokoh punakawan terdiri dari Semar dan ketiga anaknya, yaitu Gareng, Petruk, dan Bagong. Semar kerap kali memberikan nasihat-nasihat bijaksananya. Gareng memiliki perawakan yang pendek dan selalu menunduk, hal ini menandakan kehati-hatian, meskipun sudah makmur, tetapi harus tetap waspada. Petruk Kanthong Bolong, yang artinya suka berdema (memberi). Sosok Bagong digambarkan berbadan pendek, gemuk, tetapi mata dan mulutnya lebar, yang menggambarkan sifatnya yang lancang namun jujur dan sakti. Meski berkelas abdi yang tergolong rendahan, Gendhuk Limbuk dididik memiliki pekerti luhur. Pintar mendengar, menyaring, menyimpan rahasia dan pada saat yang tepat memberikan masukan sesuai dengan daya nalarnya.

IMG_20240819_204439 

Gunungan merupakan berbagai makanan hasil bumi yang disusun menyerupai sebuah gunung. Gunungan menjadi sebuah simbol dari kemakmuran Desa Brangol yang akan dibagikan kepada masyarakat. Tarian laskar tani menggambarkan masyarakat desa bahwa manusia harus hidup bersosialisasi dengan lingkungan Pasukan tikus dan petani yang siap berperang. Perang dalam membasmi tikus tidak menggunakan aliran Listrik karena sangat berbahaya dan kalau ada korban merupakan suatu perbuatan Tindak Pidana .

Membasmi tikus, bisa dilaksanakan dengan gropoyokan secara massal atau dengan menghadirkan musuh alami tikus dengan memelihara burung hantu Alat dan mesin traktor. Alat ini menggantikan fungsi cangkul dan alat bajak yang sebelumnya menggunakan sapi atau kerbau. Saat ini pengolahan juga telah berkembang menggunakan traktor roda 4. Dengan modernisasi alsistan ini dapat mempercepat proses pengolahan tanah dan efisiensi tenaga serta biaya.

IMG_20240819_204412 

Keaneka ragaman adat dan tradisi pertanian serta ditutup dengan tumpeng naga Hasil Bumi dan mascot hasil bumi Ketela Raksasa. Dengan pawai budaya ini menjadikan kita bertanggung jawab untuk membesarkan petani Indonesia dalam memajukan bangsa. Jayalah petani Desa Brangol. Semoga terwujudlah sebuah Desa yang makmur, maju dan sejahtera. Aamiiin.

IMG_20240820_152147 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Agenda

 Statistik

 Arsip Artikel

 Sinergi Program

KPU NGAWI LAPOR
PPID

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Tawang No. 01 Dusun Puntuk
Desa : Brangol
Kecamatan : Karangjati
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63284
Telepon :
Email : brangol@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:65
    Kemarin:1.337
    Total Pengunjung:874.471
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.143.204.40
    Browser:Mozilla 5.0

 Facebook Desa