== Selamat Datang Di Website Pemerintah Desa Brangol == == Pelayanan Surat Ke Kantor Desa Harap Membawa Foto Copy KK dan KTP == == Ingat 14 Februari 2024, Gunakan Hak Pilih Kita, Satu Suara Menentukan Masa Depan Bangsa ==

Artikel

Bersih Desa, Budaya Jawa Yang Perlu Dipertahankan

13 Februari 2023 15:51:31  Administrator  413 Kali Dibaca 

Brangol.desa.id - Brangol adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi. Secara geografis, Desa Brangol memiliki letak yang cukup strategis karena hampir seluruh wilayah berada pada tanah datar dan topografi desanya di dataran subur dengan didukung sistem pengairan yang baik. Hal itu mengakibatkan potensi pengembangan pertanian yang ada di Desa Brangol dapat menghasilkan produk pertanian yang baik.

Salah satu tradisi yang masih dijalankan di Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi sebagai bentuk rasa syukur warga atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang, dan meminta keselamatan desa serta warganya adalah tradisi bersih desa.

Kegiatan Bersih Desa * Kegiatan Bersih Desa Brangol *

Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat . Di jawa khususnya, ritual bersih desa telah dilakukan berabad-abad lamanya. Ritual bersih desa di jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam. 

Ritual Bersih Desa sendiri biasanya dilaksanakan satu kali dalam setahun, tradisi ini telah dilakukan secara turun-temurun dari zaman nenek moyang. Hari pelaksanaanya pun tidak sembarangan ditentukan, melainkan ada hari-hari tertentu di dalam kalender Jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanakan Ritual Bersih Desa.

* Kepal Desa Brangol dan perangkat serta BPD saat acara bersih desa *

Pemerintah Desa Brangol bersama warga rutin melaksanakan kegiatan Bersih Desa, diawali dengan acara tahlilan yang dilaksanakan di Sendang Dusun Puntuk dilanjut ke Punden dan makan yang berada di Dusun Brangol dilanjutkan terakhir ke makam Dusun Puntuk, upacara adat ini berupa selamatan (genduri) bersama.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Agenda

 Statistik

 Arsip Artikel

 Sinergi Program

KPU NGAWI LAPOR
PPID

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Tawang No. 01 Dusun Puntuk
Desa : Brangol
Kecamatan : Karangjati
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63284
Telepon :
Email : brangol@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.933
    Kemarin:2.930
    Total Pengunjung:614.331
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.222.67.251
    Browser:Mozilla 5.0

 Facebook Desa