== Selamat Datang Di Website Pemerintah Desa Brangol == == Pelayanan Surat Ke Kantor Desa Harap Membawa Foto Copy KK dan KTP == == Ingat 14 Februari 2024, Gunakan Hak Pilih Kita, Satu Suara Menentukan Masa Depan Bangsa ==

Artikel

Desa Brangol Panen Raya Jelang Lebaran, Warga Bergembira

29 Maret 2024 13:55:10  Administrator  172 Kali Dibaca  Berita Desa

Ngawi, Jawa Timur - Desa Brangol, Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi, Hari ini Jumat (29/03/2024), tengah bergeliat dengan panen raya padi menjelang Hari Raya Lebaran. Hamparan sawah yang menguning dan para petani yang sibuk memanen menjadi pemandangan yang menyejukkan mata.

Suasana di Desa Brangol saat ini penuh dengan kegembiraan walaupun sedikit gelisah dengan turunnya harga gabah. Para petani tetap bersyukur atas hasil panen yang melimpah. Diperkirakan panen padi tahun ini sedikit meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah, panen tahun ini sangat bagus. Hasilnya banyak dan kualitasnya baik, cuma harganya kok turun terus" kata Mardi, salah satu petani di Desa Brangol.

1711695096286 

Mardi mengatakan bahwa penurunan harga gabah ini sudah terjadi sejak beberapa minggu terakhir. Ia mengaku tidak tahu pasti apa penyebab turunnya harga gabah. Mungkin karena saat ini sedang panen raya di beberapa daerah menyebabkan stok gabah melimpah, sehingga harganya turun.

"Harga gabah sekarang turun drastis. Saya tidak tahu apa penyebabnya. Padahal, Lebaran sebentar lagi, kami berharap pemerintah bisa membantu kami para petani." keluh Mardi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani saat ini berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 6.000 per kilogram. Harga ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga normal yang biasanya mencapai Rp 7.000 hingga Rp 8.000 per kilogram.

Kepala Desa Brangol, Harun Alrasyid, SE mengatakan bahwa panen raya ini merupakan momen penting bagi desa. Selain meningkatkan pendapatan para petani, panen raya ini juga membantu menjaga ketahanan pangan desa.

"Panen raya ini sangat penting bagi desa kami. Selain meningkatkan ekonomi para petani, panen ini juga membantu menjaga ketahanan pangan desa, apapun hasilnya kita syukuri, kalau hasilnya kurang ya nanam lagi dengan semangat," terang Harun menyemangati warganya.

Dengan panen raya ini, diharapkan warga Desa Brangol dapat menyambut Hari Raya Lebaran dengan penuh kebahagiaan dan keceriaan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Agenda

 Statistik

 Arsip Artikel

 Sinergi Program

KPU NGAWI LAPOR
PPID

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Tawang No. 01 Dusun Puntuk
Desa : Brangol
Kecamatan : Karangjati
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63284
Telepon :
Email : brangol@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:252
    Kemarin:1.210
    Total Pengunjung:644.193
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.112.198
    Browser:Tidak ditemukan

 Facebook Desa